[Profile] Jay Chou -Si Artis Serba Bisa-

10 comments
Siapa yang tak mengenal nama Jay Chou? Artis serba bisa asal Taiwan ini sudah eksis di dunia hiburan hampir 10 tahun lebih.. Seminggu ini saia disuguhi beberapa film Jay Chou di cenel kabel langganan saia, dan teringat karena Januari ini akan Tahun Baru Cina dan sudah saia rasakan dimana-mana bernuansa warna merah (khususnya dilaporkan di daerah Batam dan sekitarnya, haha) maka khusus aku akan membuat profil artis favorit mandarin saia ini..lets Check it out gals..
Pria kelahiran 18 Januari 1978 ini bisa dikatakan artis serba bisa. Dia selain penyanyi juga merupakan aktor, produser film, komposer, sutradara yang sudah memenangkan penghargaan World Music Award empat kali, sebuah ajang penghargaan ajang penghargaan musik internasional yang dibentuk pada tahun 1989. Ajang tahunan ini diberikan kepada para artis rekaman berdasarkan jumlah penjualan albumnya di dunia, dihitung oleh Federation of Phonographic Industry (IFPI). Hebat bukan?

Jay Chou yang kemarin baru saja merayakan ulang tahun dan umurnya menginjak 33 tahun ini semakin mengukuhkan diri sebagai aktor yang kini sudah menapaki karir di dunia perfilman Holywood mengikuti jejak seniornya Jakie Chan dan Jet Lie.

Jay Chou di Konser dunianya tahun 2007

Jay Chou dibesarkan oleh orang tua dimana ayahnya adalah seorang peneliti biomedical. Sedang Jay Chou diajari Fine Art oleh ibunya. Fine Art adalah seni yang pembelajaraanya lebih ke konsep daripada ke penerapan praktik. Seni ini meliputi melukis, memahat, arsitektur, musik dan puisi. Ibunya sudah mengetahui sejak awal bakat Jay Chou sejak kecil, bahkan mamasukan ke les piano sejak umur 3 tahun! Karena perceraian orang tua di usia 13 tahun membuat dia sedikit tertutup. Jay Chou juga mengidolan komposer Chopin sampai sekarang.

Lahir dan tumbuh besar di Linkou, kota Taipe ini memulai karir di dunia musik saat tampil disebuah acara bersama temannya diacara Super New Talent King yang dipandu oleh Jacky Wu dan Jay Chou sebagai pianist pada tahun 1998, sejak saat itu beberapa produser rekaman mulai melihat bakat Jay Chou sebagai seorang musisi. Dan akhirnya mereka menyewa Jay untuk menulis lagu untuk pernyanyi lain.

Jalan inilah yang membuka Jay Chou untuk menapaki jalan sebagai seorang penyanyi dan pada tahun 2000 Jay meluncurkan album pertamanya yang title 'Jay'. Album Jay meledak dipasaran dan single-singlenya menjadi hits. Suara Jay yang lembut dan halus membuat album pertamanya langsung meledak.
Jay Chou lantas mendapat perhatian publik tidak hanya di negaranya, meluputi daratan Cina,Hongkong, Malaysia, Philipina, Singapur dan bahkan di Indonesia. Saia sendiri mulai mengenal Jay Chou saat duduk di bangku SMP saat itu lagi gemarnya dengan single Ting Mama Teng Hua. Sejak saat itu saia pribadi kepincut dengan sosok Jay Chou.
Selain mumpuni bermain piano, rupanya Jay Chou juga belajar bermain Cello. Di 2 album pertamanya, hampir seluruhnya dia yang ciptakan, dari mengarang lagu, harmonisasinya bahkan memproduserinya sendiri. Walaupun dia dilatih untuk musik klaisk, Jay Chou selalu mengkombinasikan antara musik Cina dan Barat di setiap musiknya dan lebih condong ke R&B dan pop rock. Jay Chou juga menulis/mengaransemen lagu untuk penyanyi lain.

Di tahun 2002, Jay Chou memenangkan banyak penghargaan diseluruh dunia,di Cina dia menang di acara penghargaan yang paling bergengsi Channel V Award untuk Best Male Singer. Kini dia dijuluki 'Small KIng of R&B".
Patung lilin Jay Chou di Madame Tussaud Hongkong
Diskografi
Album :
Jay rilis November 7, 2000
Fantasy rilis September 1, 2001
The Eight Dimensions rilis July 19, 2002
Ye Hui Mei rilis 31, 2003
Common Jasmin Orange rilis February 3, 2004
November's Chopin rilis November 1, 2005
Still Fantasy rilis September 5, 2006
On the Run rilis November 2, 2007
Capricorn rilis October 14, 2008
The Era rilis 2010
Exclamation Mark rilis 2011 November

Album Kompilasi:
Partners—Music by Jay Chou and lyricist Vincent Fang - April 26, 2002
Initial J: Jay Chou's Greatest Hits - August 31, 2005
Secret - August 14, 2007
Kung Fu Dunk - the theme song "Hero Chou") - January 2008)

Album Mini :
Fantasy Plus EP - December 21, 2001
Hidden Track EP - November 11, 2003
Fearless Huo Yuan Chia - January 27, 2006
Curse of the Golden Flower - December 11, 2006

Karir Di Layar Lebar :

Sampai saat ini, Jay menorehkan angka penjuala 28 juta kopi album diseluruh dunia sejak dia merintis karirnya di dunia musik. Karir dia tak berhenti sebagai seorang komposer dan penyanyi, Jay Chou mulai memasuki dunia lain (haha), dunia layar lebar. Di tahun 2005, Jay turut serta membintangi film yang diangkat dari manga Jepang yang terkenal berjudul Initial D dimana Jay Chou sebagai Takumi Fujiwara. Berkat aktinganya di Initial D, Jay Chou mendapatkan Penghargaan Pendatang Terbaru Terbaik di Golden Horse Award 42th dan juga di Hongking Film Award.

Tahun berikutnya, Jay Chou memerankan Pangeran Jai Yuan Jie di Curse of The Golde Flower pada tahun 2006 bersama Chow Yun Fat (Aktor favorit aku sepanjang masa, mengenalnya jauh sebelum mengenal Kdrama) dan Gong Li. Walaupun hanya peran pembantu, akting Jay Chou banyak menuai pujian. Film ini juga sukses dengan mendapatkan Academy Award for Best Foreign Language Film (Film terbaik Asing di ajang Oscar) tahun 2006. Dan Jay Chou mendapatkan penghargaan untuk Best Original Film Song for Chrysanthemum Terrace di 26th Hongkong Film Award karena dia sendiri yang menulis lagu tersebut.
Tak puas menjajali dunia akting, Jay Chou si Cakep serba bisa ini kembali ke layar lebar namun tidak hanya sebagai aktor tapi juga sebegai sutradara. Film arahan pertamanya adalah Secret, Jay juga sebagai screen writer dan aktor utamanya (Awesome!). Secret sendiri menerima 6 nominasi di 44th Golden Horse Award dan menang sebagai Outstanding Taiwanese Film of The Year, Best Original Song 'Secret' oleh Jay Chou dan Visual Efect. Film inilah yang membuat saia semakin menyukai Jay, sudah bersuara emas, pandai berakting pula. Secret juga film yang dari segi cerita yang unik walau fiksi. Lain kali saia mungkin akan membuat reviewnya.

Next, tahun 2008 Jay Chou kembali ke layar lebar dengan Film Kungfu Dunk, dari dibaca judulnya pasti sudah tahu inti ceritanya, dimana kungfu dipadu padankan dengan olah raga bola basket, sekilas mengingatkan kita akan film Kungfu Soccer. Di sini, Jay kembali membuat saia terkesan dengan kepandaiannya bela diri di film. Keren! Seperti melihat Jackie Chan mudanya. Dan dipadu dengan Original Music Sountrack berjudul Hero Chou yang di aransemen musiknya oleh Jay sendiri dan lirik oleh Fincent Fang yang nge-beat dan bertempo cepat. Benar-benar suka dengan lagunya.
Sepertinya Jay benar-benar aktif tampil di layar lebar setiap tahunnya, setelah sebelumnya hadir lewat Kungfu Dunk,2009 Jay kembali dengan film The Treasure Hunter yang sedikit banyak menuai kritikan. Film yang memburu harta karun di tengah gurun pasir China.

Tahun 2010 berakting bersama Michele Yeoh dan Dacid On di Film kolosan True Legend. Film ini tidak sesukses yang diharapkan, walau sederet nama artis papan atas tidak mampu mendongkrak dan jeblok di pasaran.
Dan film terakhir yang aku lihat dan saia bela-belain lihat di bioskop demi melihat aksi Jay Chou di Green Hornet, karena film ini merupakan debut Jay Chou di Holywood, berperan sebagai Kato, sang pelayan dari majikan pemalas namun kaya raya. Berdua mereka menciptakan superhero baru yang tidak memiliki kekuatan super bernama Green Hornet. Secara keseluruhan Green Hornet menuai kritik yang beragam, di sisi lain postif dan di lain sedikit negatif di luar sana, dan lumayan untuk pendapatannya. Untuk aku pribadi..hemm..just an another boring action-comedy film. Toubuchi Jay, swear..bukan kecewa sama akting kamu kok, hanya saja separuh dari jalan cerita benar-benar membosankan, namun terbantu dengan aksi komedi dan action Jay Chou untuk menuntaskan film ini tanpa aksi walk out dari bioskop. Hahha.

Hemm..untuk tahun ini, Jay Chou juga akan membintangi film yang berjudul Initial D 2 dan Secret 2. Ohh my Godness! Scret 2??i can't hardly wait.. :LOL.

English Name: Jay Chou / Chow
Birthdate: January 18, 1979
Height: 173 cm
Weight: 135 lbs
Blood Type: O
Education: Tan Jiang High School (Music)
Favorite Sports: Berenang, bowling
Instruments: Piano, viola, guitar, cello, jazz drum
Favorite Sports: Basketball, nunchucks
Favorite Music: R&B, Soul, Hip-Hop
Favorite Singer: Usher, Babyface
Favorite Musician: Chopin, Liszt, Yo-Yo Ma
Favorite Color: Biru
Favorite Food: Ayam.
Favorite Actor: Jet Li
Favorite NBA Player: Michael Jordan
Hobbies: Songwriting, movies, basketball, electronic games
Bakat : Writing songs/lrics, sports
Fakta mengenai Jay Chou :
- Tahun 2009 CNN Amerika memasukan Jay Chou sebagai salah satu dari 25 pria yang berpengaruh di Asia!
- Jay Chou pada tahun 2009 pernah diisukan bunuh diri dan nyata itu hanya hoax, buktinya dia masih eksis sampai sekarang. :LOL
- Impian di masa kecil menjadi seperti Bruce Lee sang legenda. Saia yakin dia akan menjadi legenda di jalan yang berbeda :D
- Jay Chou merupakan pria yang pemalu, lembut hatinya, dan gampang gugup! Dan semasa kecil dia lebih pendiam dan bersifat introvet, ini karena perceraian orangtuanya.
- Untuk film Holywood-nya yang pertama, Green Hornet, dia belajar bahasa Inggris hanya dalam waktu sebulan.
- Pada majalah People, dia mengatakan sangat menyukai film Titanic, walau banyak yang menyangka dia pria keras seperti film action-nya, padahal dia cukup romantis.
-Jay Chou tidak minum, merokok bahkan tidak pernah membanting gitar layaknya penyanyi rock!
- Dia melakukan sulap di depan artis Cameron Diaz saat syuting Green Hornet, karena dia berfikir magic seperti music, sama-sama bahasa universal.
- Saat di America dimana dia cukup kurang di kenal, dia merasa seperti liburan, bebas kemanapun tanpa ada jepretan paparazi, dan tentunya bebas untuk makan di resto fast food. He really love fast food!


- "A lot of people think kids from single-parent homes turn out bad, I wanted to prove them wrong, so I needed an outlet. Some play basketball and others drive fast cars. I make music." -

Kata Jay Chou pada majalah PEOPLE. Musik is His first love!

- "I knew I still had music to depend on. For everything else, I've had too much confidence, but it is for my musical talent that I'm so sure of myself," -

Kalimat diatas merupakan bantahan dari banyak pihak akan masa depannya yang tidak jelas saat dia tidak melanjutkan ke perguruan tinggi dan bahkan ibunya senditi cemas akan masa depan Jay. Sekarang? well..omongannya dia buktikan dengan kesuksesannya di jagad entertainment. Jika kalian merasa punya bakat kenapa harus disembunyikan, explore it! Pede saja sama kayak mas Jay Chou ini. hahha

Jay Choi, si artis multi talented, si artis serba bisa..Chaiyo!! ^^v

Happy Lunar Year guys..kamsia..kamisa-o.. ^^


source : wikipedia, asiafinest. 88news, People Magazine
image : google, wikipedia
Shared by : Asri Sakurai RF @pelangidrama.

10 Responses so far.

  1. sejak kapan doyan ma dia bu??

  2. jauh sblm mengenal dbsk,jauh sblm mengenal kpop..sejak SMP mbok,suka lagu2 dia..
    apalagi ting mama teng hua (bener gak sih tulisannya..hah) artinya dengerin kata mama baek-baek..wkwk
    suka akting dia juga..wkwkw

  3. kyaa~ Jay Chou :D
    saya juga sukaa :D (dulu)
    apalagi sama lagu tieng mama de hua (kalo ngga salah tulisannya gitu mba) n film secret :D

  4. iyahh..pokoknya lagu itu,sebenarnya banyak juga lagu dia yg ok punya kok.. :)

  5. koko jay chou cakep juga sebelas dua belas ama koko one wkwkwk, lagu2nya juga enak di dengar tapi ga hafal judulnya bwahahahah wahhh nggak dapat jeruk dapat jay chou deh :P

  6. Anonim says:

    saya benar benar suka dengan profil ne , tapi saya mau tanya apa benar Jay Chou sudah meninggal ???

  7. Icechan says:

    Kalo ane suka semua nya apa lagi yg Yi Lu Xiang Bei feng,Kai Bu Liao Kou ,An Jing, fine day, Bu neng shou de mi mi ,ge qian, Bai Se Feng Che,wo bu pei,Shuo Hao De Xing Fu Ne,Jiǎn Dān Ài, DLL

  8. pokoknya mas jay idola q.. skrang q di taiwan
    dan aq senang bsa berbhasa mandarin...
    jd kalo mas jay ngomong bsa ngerti..,,
    tetep ciayo jie lun keke... wo ai ni yung yen.....
    cin cin cuipa..... muaach muaach

  9. Waaaahhh.. aku juga ngefans banget ama jay chou :* semenjak liat film "SECRET"nya... Film teromantis yang pernah ku liat smpe skarang ... Dan masih tetep jadi film yang paling romantis ^_^ ... Kalo boleh ijin copas juga ya :D

Leave a Reply

RULES BERKOMENTAR:
*Jangan lupa Like dan ReTweet Postingan di atas.
*Gunakan bahasa sopan.
*Sertai nama dalam berkomentar.
*Sebelum tanya episode selanjutnya, lihat dulu INDEX Sinopsis, bila belum ada, harap bertanya baik-baik.
*Kami akan sangat menghargai komentar berupa support dan kritik yang membangun demi perbaikan kualitas Pelangi Drama

 
Pelangi Drama © 2011 DheTemplate.com & Main Blogger . Supported by Makeityourring Diamond Engagement Rings

You can add link or short description here