[Review Thai-Drama] Sawan Biang ~Dendam berbuah Cinta

9 comments
Sebelum membahas cerita Sawan Biang, terlebih dahulu aku akan mengenalkan sekilas tentang Thai-Drama yang dikenal dengan istilah Lakorn.

Lakorn adalah drama dari Negara Thailand, ini bukan judul drama namun sebuah sebutan layaknya Dorama di Negara Jepang. Lakorn sebenarnya pernah populer di Indonesia, sekitar tahun 90an beberapa stasiun televisi kita sempat menayangkan beberapa Lakorn yang pastinya memikat penonton Indonesia, salah satu Lakorn yang paling aku ingat adalah Pesona Cinta nya Racha dan Bia.

Judul : Sawan Biang a.k.a Paradise Diversion
Jumlah Episode:  12 Episodes
Genre:  Romance, Family, Drama
Tanggal Rilis: March 27, 2008
Ditayangkan di : Thai-TV Chanel 3
Waktu Tayang : 27 Maret-7 Mei 2008

Pemain:
Anne Thongprasom (Ann) as Narin (Rin)
 Theeradeth Wonpuapan (Ken) as Kawee (Wee)
Natharika Thamapreedanan as Leela (Lee)
Louis Scott as Pawan (Tom)
Jane Janesuda Parnto as Patrapapa (Pat)
Dilok Thong wattana as Kid

Sinopsis

Kawee Worrawath adalah anak tunggal dari seorang pengusaha Sukses Kid Worrawath. Kawee adalah orang yang sangat arogan dan memandang rendah para wanita yang mengejarnya, terutama wanita bernama Leela yang telah menyukainya sejak lama. Meski ditolak berkali-kali oleh Kawee, Leela tak pernah gentar untuk mencoba mendekati Kawee. Hingga di pesta perpisahan Kawee yang akan sekolah di luar negeri, Leela dipermalukan habis-habisan oleh Kawee dihadapan para tamunya dan ditolak mentah-mentah. Kawee berkata hingga kapanpun Kawee tidak akan pernah memperhatikan wanita seperti Leela.

Tahun pun berlalu, Leela meneruskan hidupnya, dia membuka hatinya untuk orang lain demi berusaha melupakan Kawee, namun malang bagi Leela saat tunangannya meninggal karena sebuah kecelakaan  yang disebabkan oleh Ayah Kawee. Dalam kecelakaan itu Ayah Kawee pun kehilangan istrinya, ibu tiri Kawee yang entah ke berapa.

Kawee dan Ayahnya sebenarnya sama-sama orang yang haus kasih sayang sejak kematian Ibu Kandung Kawee. Ayahnya mencari banyak cinta dari para wanita yang dinikahinya, dan kemudian diceraikannya setelah merasa tidak cocok. Sementara Kawee menjadi korban dari aksi Kawin-Cerai yang dilakukan Sang Ayah. Kawee menjadi tidak merasa diperhatikan dan selalu berbuat onar demi mendapatkan perhatian Sang Ayah. Sayangnya Ayahnya tidak mengerti.

Masalah dimulai ketika Khun Kid (Ayah Kawee) jatuh cinta pada Leela dan akhirnya menikahinya, tentu saja Kawee tidak setuju, tapi Khun Kid tetap melakukannya karena rasa cinta yang besar juga rasa bersalah karena menjadi penyebab kematian tunangan Leela.

Kawee yang tidak setuju menjadi bertingkah dia bahkan membuat Onar di acara resepsi pernikahan Ayahnya. Namun Kawee tidak tahu jika Leela menerima lamaran Ayahya untuk membuat hidup Kawee tidak bahagia juga, maka dimulailah peperangan antara Leela dan Kawee. Sayangnya Kawee selalu kalah dari Leela di depan Ayahnya.  Apalagi Leela punya malaikat pelindung, Narin, adik perempuan Leela.

Setiap kali Kawee berusaha membongkar kebusukan Leela di depan ayahnya, Narin langsung pasang badan untuk membela sang kakak dan mengorbankan dirinya. Kawee jadi kesal dengan tingkah Narin yang begitu melindungi kakaknya. Kawee pun ingin merusak hubungan persaudaraan Narin dan Leela. Kawee akhirnya mendapatkan ide, jika dia tidak bisa menyakiti Leela, maka sebagai gantinya dia akan menyakiti Narin.

Kawee awalnya sengaja menggoda Narin dengan tingkah Playboynya, namun Narin sama sekali tidak termakan rayuannya. Akhirnya  setiap kali Kawee merasa kesal karena tingkah Leela, Kawee melampiaskanya pada Narin. Hingga sebuah tragedi mengerikan terjadi di suatu malam, Kawee dan Leela bertengkar, Leela menyakiti dirinya sendiri dan mengatakan pada Khun Kid bahwa Kawee lah yang melakukanya. Khun Kid marah besar dan memukuli Kawee, merasa tidak bersalah Kawee menjadi berang dan saat melihat Narin yang baru saja pulang kerja, dia membawa Narin bersamanya secara paksa.

Kawee menculik Narin dan melakukan hal yang sama sekali tidak layak dilakukan seorang pria terhadap wanita. Kelakuan sawan Kawee ini berlanjut hingga berhari-hari. Leela dan keluarganya cemas atas hilangnya Narin apalagi saat Narin tak kunjung pulang, Kawee pun tidak bisa dihubungi.

Meski diculik dan dianiyaya secara fisik dan emosional, Narin tidak lemah dia berkali-kali berusaha melarikan diri, namun selalu berujung bencana bagi Narin. Saat Kawee menyadari bahwa ada kemungkinan aksinya mulai ketahuan oleh keluarganya, Kawee membawa Narin pulang, namun tentu saja dia menurunkan Narin di jalan dan pulang duluan.

Pasca peristiwa penculikan itu, Kawee semakin gencar menggoda Narin di depan Leela, dia ingin membuat Leela cemburu, karena Kawee yakin Leela sebenarnya masih ada rasa padanya. Dia benar-benar ingin menghancurkan hubungan Leela dan Narin sebagai kakak beradik. Leela mulai tidak mempercayai Narin, apalagi sejak Kawee sempat mendandani Narin dan membawanya ke sebuah acara pesta yang juga dihadirinya bersama Khun Kid. Kawee senang melihat kehancuran hubungan Leela dan Narin, namun dia mulai tidak senang jika Narin bersikap ramah pada pria lain, apalagi jika Narin malah menomor duakan dirinya demi pria itu. 

Suatu malam, Leela mencoba menggoda Kawee di suatu malam, akhirnya Leela mengaku jika dirinya menikah dengan Khun Kid hanya agar Kawee bisa melihatnya meskipun itu hanya sebagai ibu tiri, selama ini Leela meyakini bahwa Kawee memang lelaki yang tidak bisa mencintai wanita, tapi mengapa Kawee bisa bersikap manis pada Narin? Kawee berkata bahwa semua perlakuan dia terhadap Narin hanyalah sebuah permainan demi membalas kelakukan Leela padanya. Sampai kapan pun Kawee tidak akan pernah melihat Leela sebagai wanita. Tanpa mereka sadari, Narin dan Khun Kid mendengar dan melihat pembiacaraan mereka.

Khun Kid yang mengetahui ada sesuatu antara Kawee dan Narin akhirnya mengubah surat wasiatnya, dia yang tadinya akan membagi hartanya hanya pada Kawee dan Leela, dia juga memberikan bagian yang cukup besar pada Narin, Ibu serta adik laki-lakinya. Kawee yang tidak tahu tentang peruhanan surat wasiat itu berang pada ayahnya yang memanggil pengacara. Kawee pun marah-marah pada sang Ayah hingga menyebabkan Khun Kid pingsan karena terjatuh.

Kondisi kesehatan yang semakin memburuk selama ini, membuat Khun Kid tak mampu lagi bertahan hidup. Khun Kid akhirnya menghembusakan nafas terkahirnya setelah meminta maaf pada Narin atas apa yang diperbuat Kawee padanya. Ya… Khun Kid tahu apa yang dilakukan Kawee pada Narin selama ini.

Kematian Khun Kid membuat Kawee merasa sangat bersalah sekaligus semakin membenci Leela yang memang terus menyalahkannya. Apalagi saat dia tahu Narin memutuskan untuk keluar dari rumah keluarga Worawath dan menyewa sebuah rumah kecil.  Narin  tidak tahan lagi tinggal satu atap dengan Kawee. Terutama setelah dia tahu tragedy Penculikan yang dilakukan Kawee membuatnya mengandung. Narin memilih melarikan diri dari semua orang dan hidup di desa terpencil.

Kawee bukannya tidak tahu bahwa Narin hamil, saat dia tahu Narin hamil tentu saja Kawee berpikir bahwa itu Narin mengandung anaknya, namun Narin berbohong dan berkata bahwa itu adalah anak dari Tom, pria yang selama ini memang menyukai Narin dan kadang-kadang menyelamatkan Narin dari kekejaman Kawee. Mendengar pengakuan Narin, Kawee menjadi berang dan membenci Narin, dia tidak menyangka jika Narin ternyata bukan gadis polos yang dia kira selama ini. Sejak itu Kawee menghancurkan hidupnya dengan alkohol.

Sahabat Kawee, Pat,  tidak tega melihat kondisi Kawee yang sangat terpuruk. Pat yakin kelakuan Kawee pasti ada hubungannya dengan menghilangnya Narin. Pat mendesak Tom menceritakan apa yang sebenarnya terjadi. Akhirnya Tom menceritakan kehamilan Narin dan kebohongan Narin yang mengakui bahwa anak itu adalah anak Tom di depan Kawee. Mengertilah Pat apa yang sebenarnya terjadi, dia pun membujuk Tom untuk mengakatakan kebenarannya pada Kawee demi menyelamatkan hidup Kawee dan menemukan Narin yang menghilangkan jejak dari semua orang. Karena Pat percaya bahwa hanya Kawee lah yang bisa menemukan Narin.

Demi bisa menemukan Narin, Tom pun akhirnya mengatakan kebenarannya pada Kawee,  dan dugaan Pat 100% benar. Sejak mengetahui bahwa Narin mengandung anaknya, Kawee mencari Narin selama berbulan-bulan. Dia bahkan berjanji pada ibu Narin dia tidak akan pulang ke rumahnya jika dia tidak bisa membawa Narin kembali ke Bangkok. Tanpa mempedulikan kesehatannya Kawee terus mencari Narin hingga berbulan-bulan lamanya. Sementara Narin hidup dengan penuh penderitaan karena harus mencari uang dengan menjual bunga dengan perut yang semakin besar.

Setelah berbulan-bulan mencari Narin dengan menghabisakan banyak waktu tidur di jalanan, akhirnya Kawee menemukan tempat tinggal Narin. Apakah Narin menerima Kawee begitu saja? tentu saja tidak. Narin membenci Kawee setengah mati. Dia bahkan tidak ingin melihat wajah Kawee dan menolak semua perhatian Kawee.

Setiap kali Kawee membuatkan masakan untuknya, Narin selalu membuangnya, namun Kawee tidak patah arang, dia terus memberikan perhatian pada Narin yang tengah hamil besar meski Narin menolak semua perhatiannya dengan cara kejam. Kawee merasa perbuatan dia pada Narin di masa lalu lebih kejam dari ini, jadi dia menerima dengan ikhlas semua perlakuan kasar Narin padanya.

Kawee benar-benar berubah menjadi lelaki yang sangat baik sejak dia menyadari kesalahan yang telah dilakukannya pada Narin karena kemarahannya terhadap Leela. Kawee juga menyadari bahwa dia selama ini sebenarnya mencintai Narin namun tidak menyadarinya karena rasa bencinya terhadap Leela menutupi semua itu dan menganggap semua perlakuan manisnya pada Narin demi membuat Leela cemburu.

Saat Narin mengalami pendarahan, Kawee benar-benar menjaga Narin dan bersikap layaknya suami siaga, mengkompres saat kaki Narin kram, menguntingi kuku Kaki Narin dan melakukan hal-hal di luar ekspetasi semua orang selama ini. Seorang Kawee yang arogan benar-benar telah berubah.

Apakah Leela tinggal diam setelah mendengar secara langsung dari mulut Kawee bahwa Narin adalah wanita yang dicintainya dan akan menjadi istrinya? tentu saja tidak. Leela mencari informasi tentang keberadaan Narin dan Kawee, dia benar-benar tidak rela jika Kawee dan Narin pada akhirnya bisa hidup bahagia.

Leela akhirnya menemukan Narin yang sudah melahirkan di sebuah rumah sakit. Narin yang awalnya meminta Kawee tidak meninggalkannya lagi kembali termakan omongan Leela. Narin setuju untuk kembali menghilang dari hadapan Kawee dan tidak mengijinkan Kawee menemui anaknya.

Kawee kelimpungan menyadari Narin kembali menghilang, dia tahu satu-satunya orang yang harus dia curigai atas hilangnya Narin adalah Leela. Kawee pun menanyakan dimana keberadaan Narin dan putranya. Leela memberi syarat, jika Kawee ingin menemui Narin dan putranya, dia harus menyetujui untuk menyerahkan semua warisan miliknya pada Narin dan Putranya. Leela yakin Kawee tidak sanggup melakukan itu, tapi Leela salah, Kawee dengan mudah menyetujui itu syarat tersebut.

Leela akhirnya membawa Narin pulang dan memberikan surat pengalihan warisan Kawee untuk Narin dan putranya. Narin tidak mau menerimanya. Dia menyetujui  Leela untuk tidak mengijikan Putranya menemui Kawee bukan demi ini. Tapi Narin terlalu ketakutan. Selama ini, Narin selalu bermimpi buruk karena perlakuan Kawee padanya, namun saat dia membuka mata ternyata Kawee telah berubah. Semakin Kawee memperhatikannya dan berbuat baik padanya, Narin semakin merasa bersalah sekaligus takut jika semua kebaikan dan perhatian itu pun hanyalah mimpi baginya.

Kawee mendengar semua itu dan dia meyakinkan Narin bahwa semua itu bukan mimpi. Kawee berjanji dia akan menjadi suami yang baik dan mencintai Narin dan putra mereka seumur hidupnya.

-- Happy End –

Review:
Sawan Biang adalah Lakorn yang cukup populer saat masa penayanganya, mungkin Lakorn ini pun menjadi salah satu Lakorn yang cukup banyak ditonton oleh fans Ken dan Ann di luar Thailand. Meski temanya agak dewasa dan ada beberapa adegan yang membuatku tercengang hingga sakit kepala melihat kelakuan sadis Kawee ketika dia menculik Narin, tapi Lakorn ini membuat penasaran dan nagih untuk ditonton.

Ken sukses besar memerankan tokoh Kawee, dan membuatku semakin jatuh cinta pada kemampuan aktingnya. Setelah melihatnya menjadi Koki Pintar nan Tampan di Lakorn Sood Sanae Ha, aku awalnya cukup syok melihat karakternya sebagai Kawee di drama ini. Ken bahkan meraih 5 penghargaan dari berbagai macam Award sebagai Best Aktor untuk perannya sebagai Kawee.

Sawan Biang versi Ken dan Ann adalah remake dari beberapa Lakorn sebelumnya dengan judul sama. Di dunia perlakorn-an sudah biasa dibuat remake dengan menyesuaikan jaman namun alur cerita dan judul yang sama. Versi Ken dan Ann yang tayang di tahun 2008 ini merupakan remake yang ke empatnya sejak Novel aslinya dibuat drama pada tahun 1970, dengan perubahan beberapa detail cerita dan penokohan.

Chemistry Ken dan Ann di Sawan Biang mempesona hampir semua orang yang sudah menonton Lakorn ini, bahkan banyak yang mengharapkan mereka menjadi real couple di dunia nyata, sayangnya itu hanya bisa menjadi angan semata karena Ken sudah menikah dan memiliki dua anak yang lucu-lucu. Ternyata Chemistry yang luar biasa itu tercipta karena Ken dan Ann bukan pertama kalinya di pasangkan sebagai pasangan dalam sebuah Lakorn. Sawan Biang menjadi Lakorn ke tiga dimana mereka menjadi pasangan dalam Lakorn. Bahkan setelah Sawan Biang mereka pun kembali bertemu di dua Lakorn berikutnya. Jadi totalnya ada 5 Lakorn yang dibintangi pasangan Ken dan Ann.

Untuk menonton Sawan Biang, aku membutuhkan perjuangan yang cukup berat, jika ada yang ingin tahu bagaimana perjuanganku sebelum akhirnya berhasil menonton Lakorn yang satu ini, bisa dibaca di sini. Tapi jangan tertawa ya, karena sudah banyak yang mentertawakan, hehehe^^

Karena perjuangan yang cukup berat itulah, Sawan Biang menjadi Lakorn yang sangat berkesan di hatiku bahkan sebelum aku menontonnya, dan setelah menontonnya? Hmm,, menjadi lebih dari berkesan. Jujur saja di 5 episode pertama aku cukup dibuat sakit kepala melihat kelakuan Kawee, meski sempat dibuat tertawa dengan tingkah childishnya, namun yang lebih banyak, aku dibuat emosi jiwa karena kelakuannya yang tidak manusiawi.

Namun seiring berjalannya waktu, kelakuan Kawee sedikit demi sedikit mulai berubah, apalagi sejak tahu bahwa Narin mengandung anaknya. Jadi suka banget deh sama perhatian Kawee pada Narin, dan sekali lagi aku dibuat meleleh oleh senyuman Ken.

Meski kelakuan Ken sempat membuat emosi jiwa, kelakuan Leela lebih-lebih, syok banget deh pas liat dia menyakiti dirinya sendiri, menampar-nampar pipinya, menggigit ujung bibirnya lalu berteriak membangunkan semua orang dan mengatakan bahwa Kawee lah yang melakukannya.  Dan Semakin lama, kelakuan Leela semakin membuatku emosi jiwa, tapi puas banget sih liat wajah Leela pas dengan tegas dia bilang dia mencintai Narin.

Apakah ceritanya Too Much drama? Yah,, cerita Sawan Biang ini memang totally drama. Kebanyakan cerita Lakorn sebenarnya memang drama banget dan ala-ala sinetron, lokasi rumah mewah nan megah yang menunjukkan betapa kayanya keluarga Worawath benar-benar mengingatkan ku pada sinteron. Yang berbeda tentu saja alur cerita yang orisinil dan scene-scene yang kadang membuatku kesal namun merasa lucu juga serta akting para pemainnya yang membuatku berdecak kagum.

Apakah Lakorn ini recommended untuk ditonton? Hmm,, mikir keras dulu nih, untuk pecinta cerita drama dan yang ingin melihat betapa menakjubkannya Ken Threradeth pemeran Loong dalam Movie Bangkok Traffict Love Story menjadi sosok Kawee yang menyebalkan sekaligus mempesona aku sangat merekomendasikannya^^ Tapi,, tidak disarankan untuk anak dibawah  umur ya?

Written by Irfa (Facebook| TwitterBlog
Image by Irfa, google
Only Posted on Pelangidrama.net
DO NOT REPOST TO OTHER SITE!!! 

9 Responses so far.

  1. Anonim says:

    fa....you did a great job.........thanks....muachhhhhhhhhhh from kalisa

  2. Ehhh.. Ini udh pernah amel tonton. Bagus ceritanya, cuma pas nonton terpengaruh ma kualitas gambarnya. Jadi seru2 manas, hahahahhahahhh..

  3. irfa says:

    @kalisa: thanks dah baca yah^^ dan thanks juga udah mengenalkan Ken padaku sampe bikin aku tersawan2,, hahaha,, He is s great Actor, jadi Kawee yang nyebelin setengah mati maupun jadi Krucook yang bikin Falling In Love,, tetep kueren^^

    @mbak amelia: wah,, ternyata mbak dah nonton juga ya? bagus kan mbak ceritanya, iya sih emangnya kualitas gambarnya pas-pasan susah ya mbak dapet Lakorn dengan Kualitas gambar yang bagus~~ jiah~~ bacanya seru2 manas,, bikin gerah dan sakit kepala liat kelakuan Kawee sebelum tobat

  4. aduuh, ini tuh tipikal cerita yang aku suka bangeett.. bad boy yang berubah jadi sweet boy, hihii
    tapi nama2nya masih rada aneh di telingaku yaahh.. Leela itu dibaca Lela apa Lila??

  5. Anonim says:

    mba kalau mw nntn online drama ini dmn y?

  6. irfa says:

    @mbak Niken
    Kawee bad boy sejati mbak,, dan pas berubah,, weis~~ baiknya setengah mati,, karena sebenarnya Kawee selalu bikin onar selama ini cuma demi minta perhatian ayahnya,, Eh,, Si Ayah malah Sibuk kawin cere,,
    Leela dipaca Lila mba~~ resiko nonton Thailand mba, namanya aneh-aneh tapi simple karena mereka suka pake nama panggilan, Leela juga lebih sering dipanggil Li, trus Kawee dipanggil Wee dan Narin dipanggil Rin.

    @anonim
    Kalo mw nonton Online ada di Youtube kok,, lengkap banget dari episode 1-12 dan sudah engsub, tapi 1 episode dibagi jadi 10-11 part.

  7. Sankyu Irfa telah meracuni saya dengan lakorn ini, jadi doki2 sama Wee dan Narin wkwkwkwk, sayang ya Wee udah nikah wkwkwwk #tepok jidat, nonton ini bener2 ngaduk2 emosi tapi pas Wee jadi suami siaga bikin doki2 hahahaha #barusempatnonton, ternyata drama Thailand seru juga jadi selingan klo lagi bosen drama asia yg udah mainstream wkwkwk

  8. Anonim says:

    hai....saya baru saja ntn sampe eps 9 di you tubr gr2 ada yg recommend di forum kemaren..eh tau2nya hari ini account you tube wishboniko yg upload video ini yg ada subs english....udah dibanned sama you tube...keselll bgt nih!!!

    ada yg simpan hsl donlodnya ga?soalnya gw suka bgt cerita ini...kalau ada tolong bs dicopyin ke disc ga?donlod link utk lakorn ini udah pada ga ada nih.

    thank you kalau ada yg mau berbagi.

  9. rya says:

    Share ceritanya bia sm racha donk, klu bs sekalian share link videonya klu ada. Aku pengen banget nonton film itu lagi.

Leave a Reply

RULES BERKOMENTAR:
*Jangan lupa Like dan ReTweet Postingan di atas.
*Gunakan bahasa sopan.
*Sertai nama dalam berkomentar.
*Sebelum tanya episode selanjutnya, lihat dulu INDEX Sinopsis, bila belum ada, harap bertanya baik-baik.
*Kami akan sangat menghargai komentar berupa support dan kritik yang membangun demi perbaikan kualitas Pelangi Drama

 
Pelangi Drama © 2011 DheTemplate.com & Main Blogger . Supported by Makeityourring Diamond Engagement Rings

You can add link or short description here