[Review K-Movie] Gabi-Russian Coffe ~Antara Cinta dan Ambisi~

3 comments

Judul: Gabi-Russian Coffe
Sutradara: Chang Yoon Hyun
Penulis: Kim Tak Hwan, Kim Eun Jung
Sinematografi: Oh Hyun Jae
Tanggal Rilis: 15 Maret 2011
Durasi: 115 menit
Genre: Misteri, Drama, Sejarah
Bahasa: Korea
Asal Negara: Korea Selatan

Pemain:
Joo Jin Moo
Kim So Yeon
Park Hee Soon
Yoo Sun

Sinopsis

Danya, seorang gadis Korea yang sangat menyukai Kopi Rusia yang dikenal sebagai Gabi. Ilychi adalah seorang budak di rumah Danya yang rela melakukan apapun demi Danya. Saat suatu malam terjadi tragedi di rumah Danya, Ilychi berubah peran menjadi pelindung Danya, hingga mereka dewasa dan menjadi pasangan pencuri emas yang dicari-cari pemerintah Rusia.

Danya dan Ilychi saling mencintai dan mendambakan memiliki keluarga kecil yang bahagia. Mereka pun memutuskan untuk berhenti menjadi pencuri. Naas nya saat mereka berpamitan pada makan Ayah Danya, mereka tertangkap oleh tentara pemerintah Rusia dan dipenjarakan secara terpisah.

Ilychi disiksa habis-habisan, hingga seorang pengacara berkebangsaan Jepang bernama Sadako menemuinya dan menawarkan sebuah kerjasama. Sadako ingin Ilychi bekerja untuknya dan menghancurkan pemerintahan raja Gojong di Korea. Awalnya Ilychi tak mau, tapi ternyata Sadako menyiksa Danya untuk memaksa Ilychi menyetujui tawarannya. Melihat kondisi gadis yang dicintainya semakin melemah, Ilychi akhirnya setuju meskipun itu berarti dia harus berpisah dengan Danya demi keselamatan hidup Danya.

Hidup Danya pada akhirnya ada di dalam genggaman pemerintahan Jepang. Danya dipekerjakan sebagai Waitress di sebuah Restoran di Rusia yang sering dikunjungi orang Korea. Kepiawaian Danya dalam mengingat membuatnya sangat disukai oleh para pengunjung restoran karena Danya tak pernah salah memberikan pesanan.

Suatu Hari Danya dan Ilychi bertemu untuk pertama kalinya setelah berpisah. Namun mereka pura2 tak saling mengenal dan memendam perasaan masing-masing. Demi bebas dari kungkungan pemerintahan Jepang mereka harus mensukseskan Misi mereka.

Misi pertama mereka adalah memasukan Danya ke Istana Korea. Awalnya Danya mendekati salah seorang pejabat Korea yang berkunjung ke restoran tempatnya bekerja. Dia menceritakan tentang kematian Ayahnya yang dibantai karena dituduh mengkhianati Raja, Danya sebenarnya ingin kembali ke Korea dan membersihkan nama Ayahnya namun dia merasa malu untuk pulang.

Pejabat tersebut akhirnya membantu Danya untuk kembali ke Korea dan mengenalkannya sebagai pembuat Gabi, karena saat ini kerajaan Korea yang berada di bawah pengawasan Jepang sedang bekerja sama dengan Rusia untuk melepaskan diri dari Jepang. Danya pun berhasil masuk istana sebagai pembuat Gabi yang bertugas menyajikan Gabi untuk Raja Gojong.

Raja Gojong awalnya tidak mempercayai Danya, dia menolak meminum semua Gabi yang disajikan Danya, namun Danya tidak menyerah dia membuat berbagai jenis Gabi untuk meluluhkan hati sang raja hingga akhirnya Raja Gojong mau meminum Gabi buatan Danya dan sepertinya mulai mempercayai Danya.

Ilychi mendatangi istana Korea dan melihat Danya yang menjadi pembuat Gabi untuk sang raja, dia meminta Sadako untuk mempertemukannya dengan Danya agar dia bisa meminta Sesuatu pada Danya untuk melancarkan misi mereka.

Pertemuan mengharukan antara Danya dan Ilychi pun terjadi. Mereka menumpahkan kerinduan yang mendalam selama berpisah. Ilychi meminta Danya menggambarkan peta istana Korea agar Ilychi bisa menyelinap ke Istana dan menjalankan Misi mereka secepatnya. Ilychi ingin mereka berdua segera terlepas dari cengkraman pemerintahan Jepang. Ilychi meminta pada Sadako agar Danya dijadikan warga Negara Jepang setelah misi ini selesai agar dia dan Danya bisa hidup tenang.

Danya berhasil menggambarkan peta istana Korea, tempat Raja bersembunyi selama ini, namun Peta itu tak pernah sampai ke Ilychi karena pelayan yang disuruh Danya untuk menyampaikan peta itu dibunuh pengawal kerajaan dan dituduh sebagai pengkhianat. Danya mulai ketakutan, namun Raja malah semakin mempercayainya. Bahkan Raja mengatakan bahwa dia tahu siapa sebenarnya Danya. Raja tahu bahwa Danya adalah putri dari salah seorang Pejabat Kerajaan yang meninggal karena dirinya. Ayah Danya dibunuh karena dia tidak bersedia membuka rahasia sang Raja pada pemerintahan Jepang, padahal selama ini Danya berpikir bahwa Ayahnya dibunuh atas tuduhan pengkhianatan pada Raja.

Mendengar cerita bahwa Ayahnya sangat mencintai Joseon dan bergitu setia pada Raja Gojong, Danya menjadi galau. Apalagi saat Danya melihat perjuangan Sang Raja untuk mempertahankan Korea agar tidak jatuh begitu saja ke tangan Jepang. Danya pun memutuskan sesuatu. Danya rela menjadi dayang kerajaan.

Selama ini, meski Danya menyajikan Gabi untuk sang Raja, tapi dia tidak bersedia memakai pakaian dayang karena dia tahu artinya menjadi dayang kerajaan adalah menjadi wanita Raja yang tidak boleh mencintai pria lain. Tapi Danya mencintai Ilychi, itulah yang membuatnya galau.

Di sebuah acara, Sadako telah menyusun rencana agar Danya menjalankan misinya membunuh Raja Gojong dengan memasukan racun pada minuman yang dibuatnya. Namun Danya tak melakukan hal itu, Ilychi tahu penyababnya, apalagi saat dia melihat pakaian dayang yang telah dipakai Danya dan melepaskan cincin pemberian Ilychi untuk Danya.

Ilychi menemui Danya dan mempertanyakan alasan Danya tidak bisa membunuh Raja Gojong. Apakah Danya telah mencintainya? hingga Danya bahkan rela memakai pakaiana Dayang? Danya tak menjawab, bahkan saat Ilychi berusaha membuka baju  Dayang Danya. Namun Ilychi hanya bisa speechless saat dia melihat cincinnya dipakai Danya sebagai liotin kalung yang ada dileher Danya. Ilychi tahu Danya bukan tak lagi mencintainya, namun jalan yang mereka pilih kini telah berbeda.

Suatu hari Danya dikirim ke suatu tempat atas perintah Raja Gojong. Tanpa tahu apa maksud Raja mengirimnya keluar istana Danya tak mencurigai apapun hingga dia mendengar tentang rencana pembunuhan Raja Gojong oleh pemerintahan Jepang. Danya segera kembali ke istana dan mencegah hal itu terjadi, untungnya Danya datang tepat pada waktunya.

Raja akhirnya mengajak Danya ke suatu tempat. Dia menceritakan pertemuannya dengan Ilychi pada Danya. Ilychi adalah pria yang selalu melakuan apapun yang terbaik untuk Danya, sejak kecil dia melakukan sesuatu hanya demi Danya. Ilychi selama ini sangat mencintai Danya, dan dia senang karena Danya juga mencintainya. Tapi apa yang terjadi saat Danya bertemu dengan Raja Gojong? Danya berubah hati, kini Danya lebih mencintai Joseon dibanding dirinya sehingga dia memilih mengabdikan dirinya pada Raja dibanding harus hidup bahadia bersamanya dengan mengkhianati Negaranya.

Ilychi menawarkan sebuah kesepakatan dengan sang Raja. Ilychi akan membantu Raja Gojong menghancurkan tentara Jepang dengan sebuah muslihat dengan satu syarat, Raja bisa menjamin kehidupan dan keselamatan Danya. Karena setelah Danya gagal meracuni Raja Gojong, pemerintah Jepang tidak akan melepaskannya begitu saja.

Mendengar hal itu Danya menangis, dia tidak pernah menyadari bahwa Cinta Ilychi padanya sangat besar. Danya pun akhirnya mengikuti arahan sang Raja untuk pergi bersama Ilychi dan Ayahnya keluar Korea agar mereka bisa hidup bahagia di Negara lain. Danya menanti Ilychi yang akhirnya berhasil menjalankan misinya mengalahkan tentara Jepang dengan jebakannya.

Danya bahagia bisa melihat Ilychi, namun Happy Ending sepertinya bukan akhir kisah cinta mereka, Sadako yang tidak rela Ilychi mengkhianatinya datang bersama para tentara Jepang yang tersisa. Dia menembaki perahu Danya juga Ilychi. Danya dan Ayah Ilychi berhasil kabur dengan perahu, namun Ilychi tidak sempat menyusul mereka, dia tumbang karena tembakan bertubi-tubi di tubuhnya, dan Danya harus getir karena menyaksikan kematian orang yang dicintainya itu dengan mata dan kepalanya sendiri, namun Danya tak bisa berbuat apapun dia hanya bisa memanggil-manggil nama Ilychi dari kejauhan.

Quote Ending:
For one man, gabi meant love. For another man, gabi meant dream for empire.

Review:
Pertama kali melihat Berita tentang film ini aku sudah tertarik. Apalagi saat itu aku sedang suka-sukanya pada drama Kim So Yeon, Prosecutor Princess. Aku penasaran penampilan Kim So Yeon di poster film ini terlihat sangat anggun dan mempesona.

Saat menontonnya, jujur saja awalnya aku agak bingung dengan jalan ceritanya, bahkan aku sempat mengantuk menontonnya karena saking tidak mengerti alur cerita film ini. Tapi saat Danya mulai masuk istana, aku akhirnya paham apa misi rahasia Danya dan Ilychi yang diperintahkan Jepang.  Dari situ aku mulai serius mengikuti ceritanya. Semakin lama semakin menarik apalagi penampilan Kim So Yeon dengan baju-baju Rusia nya sangat anggun dan menawan.

Banyak yang kecewa pada film ini, karena mereka pikir Gabi akan menceritakan konspirasi rencana pembunuhan raja Gojong dengan mendetail, tapi pada akhirnya Gabi hanyalah menjadi Film Romantis tentang kisah cinta Danya dan Ilychi. Apakah aku ikutan kecewa? tentu saja tidak^^ Karena aku malah menyukai kisah cinta Danya dan Ilychi di film ini.

Chemsitry Kim So Yeon dan Jo Jin Moo sangat terasa saat mereka harus pura-pura saling tidak mengenal saat pertama kali di restoran Rusia sejak mereka memulai misi dari pemerintahan Jepang. Ya ampun~~ Tatapan keduanya bener-bener bikin Nyes,, setelah sekian lama tidak bertemu, saat harus bertemu mereka malah harus saling menyembunyikan perasaannya masing-masing.

Seperti juga Ilychi, aku sempat mengira Danya jatuh cinta pada sang raja hingga dia rela menjadi dayang istana dan melepaskan cincin dari Ilychi, tapi ternyata bukan Raja Gojong yang dicintai Danya, namun Joseon, Negara yang dia pikir mengkhianati dirinya karena kematian sang Ayah. Emosi yang ditampilkan Raja Gojong pun menipuku, aku pikir dia bersikap dingin pada Danya karena memang tertarik pada Danya tapi tak bisa memilikinya karena Danya bukan dayang istana, tapi ternyata sikap Raja Gojong karena dia merasa bersalah pada Danya atas kematian Ayah Danya yang merelakan nyawanya demi Sang Raja.

Selain Akting Kim Seo Yeon, Jo Jin Moo dan Park Hee Soon, Aku juga suka pada Akting Yoo Sun yang memerankan Sadako, aku tahu Yoo Sun di Take Care of Us Captain, dia berperan sebagai Choi Ji Won, awalnya menyebalkan tapi aku jadi kasian padanya. Tapi di Gabi, dia menyebalkan dari awal sampai akhir, tapi aktingnya keren~~ Cool nya dapet banget,, pas pake baju ala-ala Eropa dia juga cantik banget.

Note:
- Awalnya biaya film ini direncanakan menjapai 10 Miliyar Won, namun dapat ditekan hingga setengahnya. 
- Karakter Danya tadinya akan diperankan oleh Lee Da Hae, namun Lee Da Hae meninggalkan proyek ini dan dituntut membayar denda sebesar 21 juta won. karena meninggalkan peran ini 10 hari sebelum syuting dimulai. 
- Pengambilan gambar untuk film ini menghabiskan waktu hingga 5 bulan lamanya yang dilakukan di Korea Selatan, Moscow dan Russia.

Written by Irfa (Facebook| TwitterBlog
Image by Irfa, google
Sumber: Asianwiki
Only Posted on Pelangidrama.net
DO NOT REPOST TO OTHER SITE!!! 

3 Responses so far.

  1. Anonim says:

    Akhirnya ada jg yg nge-review semenjak setahun lalu sy penasaran bgt sama jln cerita film ini tetapi tdk menemukan blog yg membahasnya. Terimakasih ^ ^

    evi

  2. ternyata bagus juga ya, kemarin lihat sekilas soalnya tanpa sub berhenti wkwkwkw, nyari subnya dulu kalau gitu wahhh kayak pas ni kalau gabinya LDH sayang dia lepas mungkin dia kon sen IRIS 2 kali ya hahahah

  3. Anonim says:

    Hohohoh
    lee da hae di tnt 21 juta won, banyak bgttt

Leave a Reply

RULES BERKOMENTAR:
*Jangan lupa Like dan ReTweet Postingan di atas.
*Gunakan bahasa sopan.
*Sertai nama dalam berkomentar.
*Sebelum tanya episode selanjutnya, lihat dulu INDEX Sinopsis, bila belum ada, harap bertanya baik-baik.
*Kami akan sangat menghargai komentar berupa support dan kritik yang membangun demi perbaikan kualitas Pelangi Drama

 
Pelangi Drama © 2011 DheTemplate.com & Main Blogger . Supported by Makeityourring Diamond Engagement Rings

You can add link or short description here